Kamis, 16 Februari 2017
Kumpulan Puisi Siamir Marulafau - KASIH TAK TERLUPAKAN
OPINI DALAM SASTRA:
Oleh: siamir marulafau
Salah satu karya terbesar yang betajuk"ODIPUS REX",yang mengkisahkan tentang sebuah kerajaan yang abal-abalan.Bagaimana seorang raja yang dibunuh oleh anaknya sendiri bernama Odipus Rex,dan kemudian mengawini ibunya.Apakah karya seperti ini dapat diterima?
Jika dianalisis karya ini dari awal sampai akhir akan terdapat kejanggalan jika dipandang dari segi religi.Mengapa tidak?Apakah ada dalil dalam AL-Kitab atau Al-Qur'an, seorang anak bisa kawin dengan ibu kandungnya setelah berhasil membunuh ayahnya?Karya sastra seperti ini mengundang pembaca untuk lebih cermat dan meneliti apa penyebab seorang tokoh dalam drama ini tega membunuh ayah kandungnya sendiri dan mengawini ibunya sendiri.Hal seperti ini sangat aneh.Maka pembaca harus tahu tentang ilmu jiwa atau paling tidak mempelajari 'Physikologi SASTRA'.(pdlc/25/01/2017)
Pilihlah salah seorang nama yang tertera di bawah ini penulis karya sastra bertajuk"Odipus Rex"di atas.
a.Aristhopanes
b.Shopocles
c.Aristotles
d.Menander
e.Horatio
f.Euriphides
==KASIH TAK TERLUPAKAN=
Karya:siamir marulafau
Siapa lagi selain :
Dibayangkan dalam temaram malam
Dengan gerims meresap dalam lara
Jika senyum terurai
Sepertinya tak akan terlupakan
Sepanjang kasih dikandung badan
Jiwa akan menggelora dalam asmara
Jika senyum terlempar di seberang lautan
sm/25/01/2017
==DON'T LET GOD BE ANGRY==
The only thing i worry about
is the air
If it is not coming down to cover the breath
What should be done?
While the sun will be speaking
And no shining will be there for brightness
Mean while the earth will not be a friend
How can the lives be run?
Where should i have to go away?
That the fact sometimes comes up
That is the voice of men of all
Consciousness is the major power
To give a solution who i am
Don't let God be angry with
Before He comes down to remind
What the actions done in daily lives?
That should be sworn by the name of Lord
That might not come to do again and again
The real image proposed to think
sm/25/01/2017,copyright
===LINGKARAN CINTA===
Karya : Siamir Marulafau
Kasihmu terukir di senja
Menggapai langit biru
Temaran malam terang
Melingkar pada setiap waktu
Kasih kupetik membias
Tak ada keraguan
Rindu bersemayam selalu
Relung tak berdebar
Meskipun bumi berputar
Kasih cintamu tak bagaikan roda
Apakah mungkin?
Jika helai napas berdeduh
Meskipun tergulung ombak
Akan mencuat di permukaan
Rasa kasih membenih dalam kalbu
Sepanjang rindu tak berpaling
Kau dan aku tertanam dalam selera
sm/25/01/2017
==JANGAN JADI PENGKHIANAT==
Karya:siamir marulafau
Hanya satu permintaanku:
Jangan sekai-sekali dikau menghkianatiku
Diujung bait puisiku
Tertera balasan rindu
Dikau gapai pada akhir hayatmu
Berjanjilah padaku
Dan tak akan ke mana-mana
Sepanjang pasir tak berhamburan
Meskipun muara sungai menampung
Tak akan melebur dan kabur
Jika senyummu membalut dukaku
Tak akan berpaling
Meskipun jasadku bercampur dengan debu
sm/25/01/2017
==PETIKLAH==
Karya:siamirmarulafau
Aku hanya sekuntum bunga
Tak akan mau bicara banyak
Jika dikau petik
Petiklah sepuas hatimu
Asalkan tangkainya dipatahkan jangan
Apakah mungkin?
Jika dikau simpan di dalam lemari
Kapan dinikmati?
Aromanya membuat insan gila
Jangan direnungkan pada rembulan malam
Cahayanya tak akan benderang
Jika coin dilecehkan
Diagungkan boleh
Seiring janjinya tak sirna di bumi kelam
sm/25/01/2017
==HINDARILAH KEBEJATAN==
Karya :siamir marulafau
Hanya bisikan cinta-Mu
Membuat saya gemetar
Mengingatkan terhindar dari kebejatan
Terhindar dari jurang neraka
Terhindar dari kehancuran
Sungguh hidup berarti
Jika ayat-ayat-Mu membias dalam jiwa
Sebelum tertidur dengan alam kujelajahi
Sebelum terang jadi gelap
Sebelum hayat terkandung dalam tanah
Sebelum dunia bergulir jadi debu
Dan itulah titik pesan
sm/26/01/2017
==PERMEN==
Karya :siamir marulafau
SIAPA YANG MENENTANG PERMEN AKAN TAK DIKASIH BON BON PERMEN JIKA BERCELOTEH DI ATAS GENTENG MEMANAS DI TUBUH DOSEN PNS
sm/14/02/2017
#Sajak Satu Bait
siamir marulafau
Napasku hanya parkir dalam qulbumu sebelum tertidur di tanah tak bersuluh
sm/14/02/2017
==CERMIN TUHAN==
Karya :siamir marulafau
Antara ada dengan tiada
Akan sukar dicerna
Jika anda berpikir,berpikir terus
Bisa oleng seoleng-olengnya
Akhirnya bisa jadi gila
Karena dikau pikirkan diluar kemampuan
Tapi Tuhan berpesan:
"Afala tak kilun",apakah tak berpikir?
Yang penting dikau beramal
Surga diwariskan bagi orang beramal
Bukan bagi orang bejat
Bukan bagi orang korupsi,berzina,penista agama
Bukan pada orang mengaku Nabi 26
Pemalsu ayat-ayat Tuhan
Pencantolan nama dalam hadist Rasulullah
sm/14/02/2017
==SIKSAAN KUBUR==
Karya : siamir marulafau
Hanya napasmu dan napasku terlintas di udaraTuhan
Meskipun yang lainnya menyaksikan
Tuhan tak akan ridho
Jika napas tak bersenandung dengan Zikir,Allah
Hidup di bumi tak akan halal
Jika asma-Nya disebut tidak
Sepertinya kehidupan mengukir bintang tak bercahaya
Siksaan kubur menanti sesudahnya
Sebelum tertidur di tanah tak terang benderang
sm/14/02/2017
==AROMA TERLINTAS==
Karya: siamir marulafau
Sepertinya tak sanggup lagi membendung air mataku
jika aromamu terlintas di pandanganku
Meskipun kututup hidung selalu
Bayanganmu berwujud tetap dalam hidupku
Walaupun bertahun sudah ragamu tak berhimpit dengan ragaku
Namamu kusebut selalu
Jika memuisi di keheningan temaran malam
Di saat angin sepoi menghembus di sekujur tubuhku
Aku pun tak ragu
Belaian kasihmu membasahi rinduku
Walaupun aku sendirian hidup di bumi Tuhan sekejap
Sebelum mata tertutup berbalut debu
Rinduku tak akan menerawang lagi jika senja tenggelam
Pesan terakhir menjelang tidur
sm/14/02/12017
==GEMPA==
Karya :siamir marulafu
Mungkin Tuhan sudah mulai bosan
Dengan tingkah laku kita
Gempa menggertarkan bumi Tuhan
Karena lalai akan kewajiban
Itu pun hanya getaran sementara
Belum apa-apa sudah menjerit kebingungan
Jika tak dikau berdoa pada Tuhan
Akan digoncang sampai berantakan
Siap-siaplah dikau menerima cobaan
Jika dikau tak shalat,zakat dan puasa
Maka sadar akan adanya Tuhan
Jangan menista agama
Jangan menipu manusia
Jangan memperkaya,korupsi dan berzina
Jangan mengurangi kesejahteraan manusia
Senggol ke kiri senggol ke kanan
sm/14/02/2017
==YOUR LOVE IS LIKE DEEP SEA==
Your simile is not like
what i think as like the love you give
It looks like a needle
to hurt me
When you are smiling
your love seems like sweet honey
but never touches my deep feeling
For the love you give
sometimes it fades away
since no confidence
Not because of young or old age
but i am sure it is like a gold
and its color never cries
Though it comes up for a while
and i say the love
never brought up by the wind
never,never,never
because the love is deep like the deep sea
sm/13/02/2017,copyright
==KAPAL TERHEMPAS==
Karya:siamir marulafau
Kisahmu kuhembuskan di tengah lautan
tersembunyi disaat aku terhempas di atas
batu karang menjulang tinggi sampai
ke ujung langit tak bertepi,di mana tiang
layar berderai tetap menangis tanpa air
mata
Bisikan dunia maya dengan keyakinan
kau adalah ratu permata sari tertanam dalam
impian masa lalu walaupun amarahmu
menyengat dalam jiwa disaat aku sebagai
nakhoda berlayar ke suatu pulau tanpa tiang layar
Kesetiaan kuemban digubris tidak
di mana harapan hidup terbengkalai sudah
disebabkan desir angin menghempaskan seluruh
harapanku masa lalu diklaim sebagi fitnah tidak
Pelayaran ke sebuah pulau kau lukiskan
di atas kerinduan dan ketulusan hati dengan
daya upaya membuat aku terlena dalam perjalanan
kutempuh dalam dunia maya yang kelam sirna
sepanjang masa
Meskipun demikian kau hanyutkan harapan masa
lalu musnah tidak akan bergelimang ke dalam dada
dengan penuh kesetiaan tiada tara dalam dunia
fana yang tak kekal
sm/ 27062013
THE INFLUENCE OF EXISTENTIAL PHILOSOPHERS TO SOME OF AMERICAN WRITERS
IN THE 20th,CENTURY LITERATURE
Siamir Marulafau
University of Sumatra Utara,Medan
Abstract
This scientific writing is about the influence of Existential philosophers to modern American writers.This influence indicates individual aspects toward American existence illustrated in the
novels,plays , poetry and short stories by modern American authors in today’s time.The aspects of individuality of the man elaborates human exile related to Absurdity
Key words : absurdity; existence, existential, existentialist,influence
I.INTRODUCTION
The central problem in existential philosophy by the philosophers of existentialism is the meaning of existence(What does exist mean? What are the implicationns of answers to this question for man’s action in daily life?).This problem has concerned philosophers since the begining of time, but the twentieth-century existentialism has given it a special emphasis.The modern movement began to be recognized in Europe in the year following World War I and achieved great popularity during and following World War II(Oscar G.Brochett,1964 :344)
If we are talking about the influence of existential philosophers to some of American writers, we may not get rid of talking and seeing the most widely known writers of this school Jean-Paul Sartre (1905) and Albert Camus (1913-1960).The two figures of the writers to modern existential philosophers.Sartre has been one of the principal spokesmen for existentialism.The concept of Sartre through existentialism is that he has stated all his works as an attempt to draw logical conclusions from a consistent atheism (G.Brochett,1964 :344).While Albert Camus,a french philosopher had much the same view of man’s condition but he called it “The Absurd”. Camus said that the absurdity arises from the clash between human hopes and desires and the meaningless universe in which man lives.
II.DISCUSSION
Based on the concepts of the two existentialists’ ideas about the meaning of existence ,a question may be presumably asked such as what is the real influence of existentialists to modern American writers in the 20th,century literature? This question may be presumably asked such as
What is the real influence of existentialists to modern American writers in the 20 th century literature? This question may arise due to the fact that some of the American writers had been influenced since the human existence.The first of the absurd dramatist to come into prominence in America was Samuel Bckett(1906) with his work Waiting for Godot.As the implication of the above,the four characters of the play seem to have absurdity.The four characters have different characteristics of life.Fladimir and Estragon are waiting for Godot which leads them to wait for nothingness.They are waiting for Godot because they think that Godot comes down and gives them a help and protection.But, Godot will not appear.
In Waiting for Godot, samuel Beckett also exposes the human relationship among the characters like Vladimir, Estragon and Pozzo,as a master.Pozzo who has been considered a master treats Lucky very badly like an animal.His concern with Lucky is tied up using a rope as a symbol of human relation.Even though Lucky is only a slave treated by Pozzo,but he knnows that Pozzo may not separate himself from Lucky himself.As a matter of fact,Pozzo says that he may not be isolated from societies.Let’see the conversation of the characters as an implication of Pozzo’s statement.
Pozzo : Up hog! (Noise of Lucky getting up and
Picking up his baggage.Pozzo jerks the rope)
.......................
Whip! Lucky advances, stoops,Pozzo snatches
The whip from his mouth, Lucky goes back to
his place) Yes,gentlemen,I can not go for long
Without thesocietiesof life.(Beckett,1965 :24)
The influence of existential philosophers to modern American writers can be seen to some of American writers like Robert Frost,Edward Albee,John Barth,Saul Bellow,Emily Dickinson and some other American writers of the 20th, century literature.In Robet Frost’ The Mending Wall, he emphasizes that human existence seems to be absurd as the aftermath of the Second World War.
Robert Frost directly stated that the relationship among them had broken a true civilization and specific tradition of human condition.It seems that man is rather selfish.Man only thinks of himself without having a response to others.This can be seen in Frost’ work ,The Mending Wall.
Something there is that doesn’t love wall,that
sends the frozen ground-swell under it, and
Spills the upperboulders in the sun,and makes
Gaps even two can pass a breast.(Frost,1-4:216)
Frost seems to hate man’s separation with wall that will not give them a fresh reationship.Man,however, may not be egoist,he should be involved in societies.In the above poem,Frost emphasizes that man is chaotic.Frost himself does not like separatin from another,he would like the man were united.He, therefore,gives a warning for men,not to be exiled from societies.
Edward Albee as one of the American writers in the 20 th, century literature was also influenced by the concept of existentialists’ philosophy whereas he tried to expose the human relation throughout The Zoo Story which might be seen in some of the characters’behaviour.The two characters of the play, Jerry and Peter seem to have no good relationship.The converstaion of the two characters can be identified as follows :
Jerry : I’ll tell you why I do it.I don’t talk to many
Many people except to say like : give me a beer,or
where’s the John,or what time does the feature
go on, or keep your hands to yourself, buddy,
You know-things like that,
Peter : I must say I don’t..............
(Edward Albee,1959 : 17)
.
The style of The Zoo Story is absurdist. The Conversation between the two characters,Peter and Jerry shows a great difficult which people have communicated,They simply do not understand each other.Jerry gives Peter a knife and makes Peter kill him. With this self-sacrifice,and his talk of love, Jerry becomes a Christ figure.Actually,the message of the play is not absurd at all.Albee is really saying that people can and must break out of their loneliness. Peter can not return to be a person all alone in the world after his experience with Jerry.
Another figure of American writer of the 20th, century literature who was influenced by existentialism was John Barth.His work,The Floating Operas and The End of the Road are typical Existential Comedies. The first novel of Barth is about a man who decides to commit suicide because the world is meaningless.
The extension of the existentialists’ influence to American writers in the 20 th century literature had emerged and the novelist like Saul Bellow was also involved to be the most of the Jewish American novelist. His first novel ,Danglin Man (1944) is about a man waitiing to be called the army during World War II,Saul Bellow wants to know what we are,and what we are for.He seems to fail to get any answers.In fact, he concludes that the world is meaningless and his life is has no purpoe.In this novel, Saul Bellow replaces a hero who feels unhappy with his life in New York City.The tall faceless buildings and crowded street seem inhuman. He feels”alienated”,unconnected to the world around him.
In accordance with some of the modern American writers about the influece of existentialists,the American writers seem to be affected and their concepts towards the influence was true according the condition of societies in modern time.In the Outline of American literaure,P:13),Saul Bellow directly states that the existentialists had a specific purpose to determine the human action in today’s time.The existentialists in their philosophy of existentialism say that man is completely alone in a meaningless world without God or absolute moral laws.We are completely free.But,this is not always happy freedom since we have no “god-given”nature,free choices and action in life become extremely important.They determine our nature as human beings.Existential writers such as Sartre and Camus become popular in America at this time.
In case of human relationship, Emily Dickinson was one of the modern American writers who was influenced by existentialism.She scrutinized the condition of American societies in the 29th century.Emily Dickinson’s poem entitled There’s bee a Death,is a narrative poem which talks about the social problems and human relationship.She tends to acknowledge that the American people at that time were so much individualistic and human relation becomes degraded.The poet seems to be hopeless to see her people behave in modern time.The American people become selfish and like to be isolated from the societies.Let’s see Dickinson’s poem of how she explains the characteristics of American people at this time.
There’s been a death in the opposite house
As lately as today
The neighbour rustle in and out
The doctor drives away
A window opens like a pod;
Abrupt,mechanicalllly.
Somebody thinks a mattress but,
The children hurry by
Theywonder—it died and that
I used towhen a boy
The minister goes stiffly in.
III.CONCLUSION
Having studied the influence of existentialists to modern American writers, the writer of this scientific writing tends to draw conclusions as follows:
1.Most of the modern American writers are influenced by existentialists’philosophy since the philosophers of existentialism study the condition of man’s life in the meaningless universe.
2.Since existentialists’philosophy concerns about man’s existence, modern American writers begin to think and expose the quality and the characteristics of American people in today’s time.The American existence seems to show individualism.This effect may arise in relation to modern technology and new invention in the era of globalization and the belief of man towards religion becomes less and less.
BIBLIOGRAPHY
Albee,Edward,.1959.The Zoo Story.New York:Coward-Mc Cann,Inc.
Beckett,Samuel.1965.Waiting for Godot.London:Curtis Brown,Ltd.
Bode, Carld.1983.Highlight of American Literature.United StatesInformation Agency.Washington,D.C.
Bode, Carld.1984.The Outline of American Literature.New York:Reinhart Wikonsin,Ltd.
Bigsby,C.W.E.1968. Confrontation and Commitment: A tudy of Contemporary American Drama.University of Missouri Press.
Brockett, G.Oscar.1964.The Theatre: an Introduction.Reihart & Wikonsin,Inc.
Peter B.High.1986.An Outline of American Literature.New York :Longman,inc.
.
IV. THE WRITER’S LIFE
Siamir Marulafau was born in Nias,North Sumatra-Indonesia,May 17, 1958.He is a lecturer in English language and literature at the Faculty of Cultural Sciences,University of North Sumatra-Indonesia.He received his Master Degree in Linguistics in 2004.In 1985, he became a taching staff of English language and literature at the Faculty of Cultural Sciences,University of North Sumatra,Medan-Indonesia.He is a poet ,short story writer.He has been writing many poems in English and Indonesian language.
The topics of his works which were published such as :”Senyuman Menawan”(2013); “Lingkaran Pelangi”(2013);”Penderitaan Rakyat”(2013),”Suara Rakyat”(2013).”Katak”(2013);”Pemimpin yang Menipu”(2013);’Penyair Dalam Lingkaran Cinta ‘(A Collection ofPoems,2013); Cintaku Di Danau Singkarak”(A Collection of Short Stories,2013);”Kado Untuk Presiden”(A collection of Poems,2014) . Some of his works were publised in “A divine Madness:An Anthology of Modern Love Poetry,Vol 2(Ardus Publications,2015) ,A Bouquet of Verse :Volume I,II,(A collection of Poems,2016);A Bouquet of Verse :Volume 3(A collection of poems ,2017),Voices of Humanity: Vol 3,2016),”Humanity’(An Anthology of Poem,2015),’Bahtera dalam Ayat”(2016);”Lighting”( A collection of Poems,2016).
==GONCANGAN==
Karya :siamir rmarulafau
Penyair dalam lingkaran Cinta vs Pulang Ke Hulu
Bersemayam di kota baru
Mencakar langit tak berbisik
Melihat semut-semut tumpang tindih
Kelaparan atau haus tanya pada gumpalan awan di atas gedung
Seiring setetes air hujan pun tak tercurah
Di kala langit panas dan membiru
Sinar mentari pun enggan bersenandung
Apa yang terjadi di bumi-Ku?
Jika tak selera goncagan dahsyat memantau
Bergoyang retak ke segala penjuru
Jika demikian?
Mungkin alam tak bersahabat lagi
Tak akan mungkin awan sujud di atas awam
sm/11/02/2017
#Sajak Satu Bait
siamir marulafau
Kotaku mencakar langit di kala awan bergumpal tak berbisik melihat semut-semut saling tumpang tindih
pdlc/11/02/2017
#Sajak Satu Bait
siamir marulafau
Senjaku hanya menyelimuti impian-impian terkubur dengan embun pagi membasahi bumi
pdlc/11/02/2017
Karya Sastra Handal
Banyak penyair atau pengarang di negara ini sangat banga jika karya-karya mereka dipublikasikan di koran-koran sehingga merasa bahwa karya-karyakulah yang handal dan bagus dibaca orang.Sebahagian juga orang tidak suka jika karya-karya mereka dipublikasikan melalui sosoal media,yaitu seperti :Koran atau Majalah karena mereka beranggapan bahwa banyak juga orang di negara ini yang tak ingin membaca koran atau majalah karena faktor kesibukan mencari nafkah di era globalisasi ini.Jadi,ala hasilnya,banyak kita jumpai karya-karya sastra itu tercamtum di dalam koran-koran yang menjadi bungkusan sambal blacan,bawang,dan lain-lainya oleh inang-inang di pajak Mercubuana,betul apa tidak?
Sebahagian mereka mengatakan bahwa kami cenderung mempublikasikannya di jurnal nasional atau internasional,dan paling tidak di Antologi Puisi bersama,dan apalagi jika diterbitkan di Antologi puisi sendiri,dan itu sudah lebih baik karena sewaktu-waktu mahasiswa di berbagai Universitas baik di negara sendiri maupun di negara lain akan membaca dan menjadikan puisi-puisi kita sebagai objek penelitian dalam membuat kertas kerja,skripsi,tesis dan disertasi.(pdlc/11/02/2017)
==SNOWING LOVE==
If i were snow
i would be coming
to make you cool
as far as i could
But not in the winter
so as to make me
not feel disappointed
for the love
Since the love
i promised is not like
what you think
It has a color of voice
which is unpredictable
to say
But once i say in my lives
not to go away from you
because of you,i desire
to express the love
Be sure of my voice
which is in your heart
from time to time
Until the snow is drying
and no sun is to make it melted
from now and then
except the love promised
sm/11/02/2017,copyright
==LENTERA==
Karya :siamir marulafau
I.Sebuah lentera kulihat
Becahaya memupuk rasa haru
Cahayanya membiaskan harapan
Tapi tak bisa dirangkul
Panasnya luar bisa
Menyengat dalam jiwa
II.Lentera tak bisa digeser
Akan membakar semua jiwa
Meskipun disiram-siram tak akan padam
Jika nyalanya dibuat tak senyum
Cahayanya tak memudar
III.Lentera tak akan kuhidupkan lagi
Asapnya masih berbau
Menyelimuti tingkah laku
Tak akan membaur di segala penjuru
Menusuk sendi-sendi kehidupan
Tak bagiakan air mengalir
Memberi kesegaran di muka bumi
IV. Meskipun memakai semprong
Nyalanya masih utuh
Menyebar ke langit biru
Sinarnya mencuat di ufuk barat
Petanda hampir kiamat
Makhluk-makhluk tak terarah
Saling injak-menginjak
Menceloteh ke mana-mana
V.Apakah lenteranya dihembus?
Takut-takut apinya menyambar
Semut-semut akan terbakar
Jika demikian, kusiramkan dengan air
Akan menghempaskan harapan di bumi
Tak akan berarti
Tahan-tahankan sampai tercebur dalam api
Terkapar,terkapar,terkapar
Hanya menghitung jumlah syair 1 sampai V
sm/10/02/2017
OPINI TENTANG PROFESI DOSEN :
Oleh :siamir marulafau
Berita yang marak di ON LINE tentang pencabutan tunjangan profesi dosen yang tak menulis karya ilmiah atau malas menulis karya ilmiah sangat menegangkan urat saraf bagi setiap dosen atau prof(Gurur besar di kampus).Mengapa tidak?Jika diberlakukan pencabutan tunjangan profesi dosen dan guru besar di setiap kampus PTN di negeri sangat KETERLALUAN karena tugas dosen bukan hanya saja menulis dan mempublikasikan karya ilmiah atau riset tetapi banyak tugas dosen yang sangat berat yaitu:PENGAJARAN,MEMBIMBING,dan mempersiapkan MATERI AJAR DAN MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MENGAJAR DALAM PBM,dan lain sebagainya.
Alangkah lucunya dan tidak logis jika Pemerintah mencabut tunjangan profesi dosen seperti SERDOS, yang tulus dan ikhlas diberikan kepada dosen dan Guru besar hanya karena tidak mempublikasikan karya ilmiah di jurnal Nasional,dan Internasional.Sertifikasi Dosen yang diberikan kepada dosen dan guru besar adalah merupakan penghargaan dalam melaksanakan tugas TRI DARMA PERGURUAN TINGGI,dan jika ditelusuri,tunjangan ini masih kurang jika dibanding tanggungjawab sebagai pengajar di kampus.
Sebagaimana kita lihat bahwa pengajaran mahasiswa di kampus dibanding pada tahun-tahun sebelumnya atau tahun 1980-an sangat berbeda dengan pengajaran dan mengajar mahasiswa pada masa sekarang ini disebab karena tingkah laku manusia yang diajar pun sangat berbeda.Dengan pengertian bahwa jika dosen salah-salah mengajar dan tidak menguasai ilmu jiwa mengajar atau Paedagogik,maka dosen dan guru besar pun terancam,dan bisa saja nyawanya melayang,mengapa tidak?Dan sudah pernah terjadi dan sering terjadi.Maka dengan demikian pencabutan tujangan profesi itu sangat tidak tepat, dan apabila dititiberatkan pada penulisan karya ilmiah untuk jalur Nasional atau Internasional,apakah memungkinkan bagi semua dosen PTN/PTS di seluruh Indonesia bisa terlaksana dan terpenuhi dalam kriteria ini?
Maka dalam tulisan yang singkat ini,saya sebagai dosen Di FIB USU Medan meminta dengan rendah hati kepada PEMERINTAH supaya hal ini harus dipikirkan matang-matang karena saya pribadi sangat lelah dalam mengayomi , mendidik, mengarahkan ,mengajar menulis di tingkat Nasional dan Internasional untuk kemajuan SDM USU.Maksih.Wassalam(pdlc/09/02/2017)
==HARI NASIONAL,2017==
Karya :siamir marulafau
Hariku sudah kabur
Ditendang angin Topan
Tak bisa lagi meluncur
Daun-daun kusemai semakin tak merimbun
Batang pohonnya pun semakin melapuk
Dimakan rayap siang malam
Apa pun,apa pun
Mata semakin merabun
Pendengaran semakin peka
Napas semakin sesat
Tenaga semakin kurang
Emosi semakin meluap
Kemarahan semakin menjadi
Nafsu semakin membara
Tapi daya semakin berkurang
sm/09/02/2017
WHAT IS A GOOD POEM?
siamir marulafau
The quality of a good poem does not depend on how long or short you write but depends on the context varies in specific theme may be thought,which makes readers feel interesting and enjoy it.
If the poem is written well,the readers will give a thumb to express that it is really a good one and appreciate the poem,indicates a good memory from the time you wrote up to the next,even till to die.
Writing a good poem is not an easy work otherwise the poet and poetess have a very good talent and background of knowledge writing poem since it relates to literary knowledge such as :The Theory of Literature ,Literary Philosophy,Psychology of Literature, Literary Sociology, and other disciplines knowledge of Literature.
Mastering language in writing poems is also one of the important aspects in writing the poem itself whereas the poet and poetess should have a language competence in formulating and choosing words related to the choice of words or diction.The language of a poem is not like the language of a common language used in daily life but it is composed in literary or poetic language,which makes the poem seems lifelike.
sm/0902/2017
#Sajak 4 Bait Bait
siamir marulafau
Di temaram malam hadir di sini
Merenung di atas pasir putih
Menantikan mentari terbit
Sinar berbayang membias kerinduan
sm/09/02/2017
#Sajak Tiga Bait
siamir marulafau
Doamu meresap di ujung napasku
Tak akan hanya merekat dalam jasadku
Membiaskan sinar impianku
sm/09/02/2017
#Sajak Dua Bait
siamir marulafau
Kasihmu tak bersinar lagi
Hanyut di gelombang laut siang hari
sm/09/02/2017
#Sajak Satu Bait Bait Patah
siamir marulafau
Batang pohon kusemai semakin merapuh dengan akar merambat
sm/08/02/2017
#Sajak Satu Bait
siamir marulafau
Senjaku semakin di ufuk barat tak akan kembali ke timur lagi
sm/09/02/2017
MEMBACA KARYA PENYAIR 'Wild Dove' :"LELAKI DAN PERMULAAN'
siamir marulafau
Setiap penyair memiliki gaya dan sifat yang berbeda-beda masing-masing dalam mencurahkan isi hatinya yang sangat mendalam sebagai ekspresi yang mencuat di permukaan.Setiap penyair juga memiliki gaya hidup yang mempengaruhi karakternya dalam penulisan dan terutama pada karaker budaya di mana dia tinggal.
Jika dipandang dari segi budaya,jelas Indonesia dengan Hongkong memiliki latar belakang budaya yang sangat berbeda.Jika penyairnya di atas adalah termasuk warga negara Hongkong dan menulis karya sastra( sebuah puisi)dalam bahsa Indonesia,maka karya sastra itu adalah milik kesusasteraan Hongkong,dan jika ternyata,penyair di atas bukan warga negara Hongkong, dan apalagi dia menulis dalam bahasa Indonesia,maka puisi yang ditulisnya itu adalah milik kesusasteraan Indonesia.Nah,jika demikian,kita sebagai pembaca dan penyair serta kritikus di Indonesia,harus memahami latar belakang budaya seseorang penyair(Compatrative Literature).Kita harus lebih memahami bahwa orang-orang di sana itu agaknya bebas berbicara tentang SEX dan bahkan berbuat bebas tentang hal itu.
Membaca puisi di atas,saya sebagai penyair di negara ini agaknya terkesima dalam pengungkapan penyair tersebut di atas yang kurang menyentuh dan menyimpang pada budaya Indonesia,yang Romantis bangat,dan mengundang rasa tidak hormat karena luapan emosional yang sangat bertentangan dengan budaya orang Indonesia.Apakah penyair itu tidak mengenal situasi dan budaya di negaranya?Meskipun tinggal di negara orang lain(Hongkong) dan menjadi warga negara setempat,hendaknya budaya kita yang asli itu jangan dilupakan,karena ada istlah mengatakan bahwa apa yang kita pikirkan bagus buat kita,belum tentu bagus buat yang lainnya(What we think is good for us is not always good for others).(pdlc/08/02/2017)
MEMBACA PENYAIR,Teti Herawati :"sajak Satu Kata"
#sajak satukata
RANTING KIAN MERANGGAS AKAR MASIH TETAP KOKOH
siamir marulafau
Puisi yang ditulis di atas
sangat bermakna dalam ilustrasi pembaca,mengapa dan ada apa di balik puisi yang amat singkat di atas?Meskipun ditulis satu rangkain kalimat,dan apabila dipenggal, maka akan menjadi dua kalimat"Ranting kian meranggas","Akar masih tetap kokoh".
Penyair sangat bijak menempati kata "meranggas"(=kering,tak berdaun lagi)pada ranting sebagai pokok masalah yang bermakna pada kehidupan dengan pengertian bahwa "AKU" sebagai Ranting memiliki prinsip hidup yang kokoh meskipun tak punya apa dari hari kehari(Tak berdaun atau kering) tapi toh perinsip hidupku tetap kokoh dan dapat dipertanggungjawbkan(= dan dapat dipercaya).Dengan pengertian bahwa penyair tidak mudah terpengaruh dengan yang lainnya dalam berbagai aspek kehidupan,yaitu"AKU" akan berdiri sendiri meskipun tak punya apa-apa(kering,tak berdaun dan sulit untuk tumbuh tapi tak sedemikian rupa karena di balik kekeringan pasti ada ada kesuburan).
Tapi kekokohan kehidupanku"AKU' sebagai yang hidup tetap hidup walaupun mengering sepanjang tak merapuh dan melapuk.Puisi ini sangat bagus dengan gaya bahasa yang tepat dan pilihan kata yang sangat tepat untuk dipahami secara filosofis kehidupan yang amat tinggi.Maksih (pdlc/08/02/2017)
==TERSULUH==
Karya : siamir marulafau
Tetesan air matamu membidik relung
Hanyut dalam putaran hidup
Membasahi impian
Tersedu-sedu di temaram malam
Rindu tak terangkul lagi
Penasaran diatas karang terjal
Mau melompat saja
Akan takut amarah Tuhan
Terkapar dalam gudang berbara api
Air mata tak tersapu dengan selendang
Basah,membasahi bumi
Tak akan terpijak lagi
Hanya senyum terakhir menyayat dalam batin
Akan tersuluh di sinar mentari
sm/08/02/2017
==TAK TULUS==
Karya : siamir marulafau
Tak seperti yang kubayangkan
sinar pagi menghalau
Di siang hari
Tak tulus mengikat batin
Di temaram malam hanya berbayang
Kadang sirna kadang tidak
Tak akan bisa terangkul
Imaginasi kacau
Aromanya menyambar pilar kehidupan
Terkapar di atas karang terjal
Hanyut ditelan angin malam
sm/07/02/2017
==MY LOVE IS NOT BLIND==
My love is not blind
as what is thought
though it is not sharp as
a knife
Since never it hurts anyone
for those who are
in the love
The love in heart is just
the same with
for it is suffice to touch
No difference there will be
if the love looks like
waterfall
It will give a fresh
when the love is kept
as long as mutual understanding
be there to keep
No hatred be found
and no matter of loving each
Let the moon be there smiling
as far as the love is running
And the starts will stop their lighting
if all are enemies but what to say
No voice of all
Since the love is falling in the dark valley
Loving each other is in golden age
Its value be precious for all
sm/07/02/2017,copyright
==TAK SEPERTI BENALU==
Karya : siamir marulafau
Cintamu bagaikan jarum
Tajam mengukir kesan dalam kalbu
Meskipun menusuk
Tapi kembang tak akan berpaling
Mau ke mana pun tak akan sirna
jika pesan menyerap dalam relung
Sungguh tak seperti benalu
Hanya menitip tunas mekar
Sampai tergiur
Dan tak akan diabaikan seumur hidup
Meskipun cahayanya redup
Tak mengkilau sepanjang rindu
sm/06/02/2017
==YOUR LOVE IS NOT LIKE A NEEDLE==
The love i gain is not like a needle
Though it is sharp
But it never hurts me since my life
I dare say so because of its pleasure
Which makes me happy till to die
I thank too much
For i am the love
Never i throw it away wherever i go
Since then i swear by the name of Lord
You and i are in the same flesh
With the same breath
Though the number of breath is much different
Till my heart is not flying as a bird
To search for a certain place to love
Never it comes in mind
That the love i gain is not like rubbish
To keep the love till to die
Though the sea is drying
Though this earth is broken into pieces
As long as my heart never turns away
sm/06/02/2017,copyright
==NUCLEAR==
Nuclear speaks with no voice
But it spoiled the lives
If the man be in conflict
What nuclear seems to be?
It can't be imagined
How the dreadful sufferings be there
All hope would in the deep sea
The damage of lives will be growing
If there is no PEACE
Humanity is the mother of all
Since this world will be smiling
That the mankind is in justice
To acknowledge how it's danger is
No one can imagine
Let's see how dreadful atomic bomb
Be dropped in 1945
All of creatures were in damage
Why should killing be there?
Human right is just the same
No one is an excellent
In the eyes of Lord
It was created in the same clay
With the same holy soul to breath
That the final outcome be thought trice
Human beings are harmonious creatures
Let's keep friendship for the peace
And justice is the bridge of human right
sm/02/02/2017,copyright
==SKY IS ON THE SKY==
Never i urged myself is as high as sky
Though i am on the sky
I know what the sky is
How high it is
I know there will be sky above the sky
But regarding me is too high as sky
Though myself as high as sky
My glasses is not as thick as an earth to see
Whereas the rubbish on the earth can't be detected
Even the sky is not bright
If you think you are as high as sky
Why is it not wedged in on the earth?
How high you are like the sky
You will be unconsciously running on the earth
If you die soon
Where will your corpse be buried?
If you are buried on the sky
Will all the birds bury your corpse on the sky?
You have to think trice
If not,humanity is the brother of solidarity
That the lives is being on
While the breath of each is on the earth
Boasting is not a brother of humanity
Be humble on the earth to succeed
That may be a gold precious for
Never those,who are in the love of man dismiss
That be a remembrance till to die
sm/05/02/2017,copyright
==PILAR KEHIDUPAN==
Karya :siamir marulafau
Hasratku tercabik-cabik
Aku tak perlu meludah
Hanya tetesan air mata
Akan ditampung di dalam gelas kosong
Meskipun tak retak
Asalkan rakyatku tak kelaparan
Tak akan melahap di tong sampah
Jika negeriku jaya
Kupikir-pikir dalam aksara
Puitis kata kadang tak menyapa
Mengapa rakyat menjerit-jerit?
Uang rupiahnya meluncur
Hanyut ke muara tak bertebing
Jika rupiah melemah
Apa yang kubawa?
Tak mungkin dibakar
Pilar kehidupan setiap saat
sm/06/02/2017
==QUEEN OF HEART==
In my heart you are the flower
In my mind you are the fruit
In my castle you are the queen
In my life you are the love
Wherever i go you are the wind
To blow my sale to reach the island
Though you are on the rock of sea
To show me the way to the beach
Never i miss the hope
For the love you kept so far away
Never i throw the rose i dreamed
Since it was a part of my lives
You are the queen of lives
Never i kept up smile except
That the love be blooming before dying
You are the queen of lives
sm/05/02/2017,copyright
==KESAL==
Karya : siamir marulafau
Darahku bercucuran
Kantongku koyak
Leherku tersayat
Jasadku terjungkir
Tikus kelaparan menyerang
Gajah di negeri ini tak bergading
Harimaunya hanya mengaung
Tak ada kejantanan
Melirik ke kiri ke kanan
Semutnya berlarian
Kemanusiaan tipis setipis sayap nyamuk
Bobrok, tak becus
Kesal,kesal,kesal
sm/04/02/2017
==BENCANA==
karya :siamir marulafau
Curah hujan membawa kabar
Tetesan tergenang
Mentari tak akan bersinar
Awan akan bergumpal
Jalan-jalan berlumpuran
Kota kebanjiran
Rembualan malam tersenyum ria
Pohon-pohonan bertumbangan
Petir menyambar
Rumah roboh
Mobil-mobil tertimpa pohon
Mau ke mana?
Hanya tangisan kedengaran
Angin bertiup kencang
Langit menghimpit
Apa ini bencana?
sm/04/02/2017
MEMBACA KARYA SASTRA :
Oleh : siamir marulafau
Suatu hal yang harus diperhatikan bahwa bahasa puisi adalah bahasa sastra,bahasa yang tersusun indah dan puitis mengandung makna yang tersirat di balik yang tersurat, dan ada kalanya bahasa puisi sulit dimengerti dan kadang gampang dimengerti.Ini semua tergantung pada kepribadian sang penyair.Contoh :
"Meskipun tulang belulangku
merapuh di tanah tak bersuluh
Jiwaku bersemayam dalam napasmu
Sepanjang dunia tak bergulir jadi debu"
(02/02/2017)
Pada puisi di atas terlihat dan terbaca satu pemakaian kata-kata"di tanah tak bersuluh".Penyair tak akan langsung memakai kata "kuburan",dan kata 'kuburan' identik dengan kata-kata 'di tanah tak bersuluh' yang sama pengertiannya dengan 'di tanah diam' atau'di tanah tak bercahaya'atau di tanah tak bersinar'.
Kemudian,pada kalimat "Jiwaku bersemayam dalam napasmu".Penyair menggunakan kata"bersemayam" yang identik dengan kata 'tertanam' atau' tercantol' atau 'terkandung'.Kemudian,pada baris berikutnya,"Sepanjang napas tak bergulir jadi debu".Penyair,pada baris ini menggunakan kata -kata"tak bergulir",yang identik dengan 'tak berputar'.Dengan mengungkapkan kalimat ini,penyair memiliki wawasan luas dalam meghubungkan inspirasinya dengan religi yang bersumber dari Al-Qur'an bahwa "Bila dunia bergoncang,,,,dst",dan tentu dunia akan jadi debu menuju 'yaumil mahsyar'.
Dengan adanya penjelasan ini,jangan heran jika pembaca puisi agaknya kurang mengerti dan bingung memahami sebuah puisi dan besar kemungkinan disebabkan latar belakang pengetahuan berbeda dan lemah serta kelemahan dalam interpretasi yang dimiliki setiap pembaca.
Pembaca bisa bertindak sebagai KRITIKUS,yang menilai,menimbang kualitas sebuah puisi,apakah bagus,layak atau tidak berdasarkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya,terutama sekali ILMU KRITIK SASTRA,dan juga ilmu lainnya berhubungan dengan ilmu sastra.seperti:Ilmu teori sastra,sosio sastra,phisikologi sastra, filsafat sastra,sejarah sastra,dan lain-lain sebagainya.
Pembaca yang bertindak sebagai KRITIKUS SASTRA,dan tidak memiliki ilmu sastra dan hanya megeritik karya seseorang atau puisi seorang penyair dan apalagi mengubah puisi seseorang dikatakan "PEMBACA ATAU KRITIKUS GADUNGAN" ,dan tak ubahnya seperti seorang yang gemar menonton sepak bola mengkritik seorang pemain sepakbola yang handal bernama RONALDO dan mengatakan Ronaldo kurang bagus menendang bola ke gawang dengan "TENDANGAN PISANG",dan seolah-olah lebih hebat dia dari RONALDO,sementara seumur hidup dia tak pernah bermain sepak bola.dan inilah kebanyakan terjadi di Indonesia,dengan pengertian banyak omong,dan banyak kritik dan sementara tak mampu melakukannya(nafsu besar tenaga kurang)
Ada juga pembaca yang bertindak sebagai KRITKUS,seperti NARUDIN PITUIN,dan dia bukan hanya saja mengkritik karya sastera tetapi menciptakan karya sastra dan banyak puisi-puisinya yang terbit di surat kabar dan sebahagian terbit dalam buku puisinya(baca red).Pembaca dan kritikus seperti ini,bukan pembaca dan kritikus gadungan.Ini benar-benar seorang kritikus dan penulis serta penyair karena hasil poduk karya sastra yang dibacanya,dikritiknya,dan diterjemahkannya.Maka untuk itu,membaca,menafsirkan dan mengritik sebuah karya sastra bukan hal yang gampang memerlukan wawasan,interpretasi dan ilmu sastra yang luas dan tinggi.Maksih.(pdlc/03/02/2017)
==DATANG BULAN==
Karya:siamir marulafau
Tangisnya bagaikan kedatangan bulan
Meskipun tak deras sederas curah hujan
Sangat merindukan
Kerinduan yang tak kunjung datang
Awalnya bulan cerah bagaikan purnama
Cahayanya berkilau
Membias dalam relung tak kelam
Tersenyum ria dalam harapan
Terkapar jasad di atas kasur tak bersalju
Memanas sampai tergiur di atas bukit mulus
Terhempas dalam dalam anganan
Mimmpi sehari semalam
03/02/2017
OPINI DALAM ILMU SASTRA:
Oleh:siamir marulafau
Hati-hati dalam mengubah puisi seorang penyair. Seorang penyair harus lebih cermat dalam menulis dan menggunakan kata-kata yang sesuai dalam sebuah puisi yang ditulisnya,dan penggunaan kata-kata bukan asal jadi atau sembarang karena setiap kata yang digunakan dalam menulis puisi ada makna yang tersirat di balik yang tersurat.Contoh :
==APA DAYA==
Karya :siamir marulafau
Di ujung malam rindu terkapar
Di kala senja memudar
Tak berdaya dalam harapan
Sepanjang malam tak berbintang
Meskipun gerimis tak menetes
Bulan hanya tersenyum
Pasrah kepada-Nya
sm/01/02/2017
PENGUBAHAN PUISI OLEH SESEORANG :
Di ujung malam rindu terkapar
Dikala senja memudar tiada bersinar
Tiada berdaya dalam harapan
Sepanjang malam tiada berbintang
Meskipun setetes gerimis tiada tercurah
Bulan kelampun tersenyum ria
Pasrahkan harap kepadaNya.
Dalam puisi di atas,terlihat penyair menulis puisinya dengan singkat dan pendek,dan pada baris ke 2, penyair menulis"Di kala senja memudar".Jika kalimat atau kata-kata pada baris ke 2 ini diganti seperti "Di kala senja tiada bersinar" menjadi"Di kala senja memudar tiada bersinar" .Maka makna puisi akan berubah karena pengertian kata 'tiada bersinar' dengan 'memudar' agaknya berbeda dalam makna puitis.Kata "sinar" memiliki arti yang khusus dan identik dengan 'kehidupan',dan jika dikatakan tiada(tidak) bersinar berati "GELAP" identik dengan kematian =tidak hidup.Sedangkan yang dimaksud penyair bukan demikian tetapi "Senjanya masih hidup walaupun kehidupannya REDUP" tapi tak gelap=tak mati.JIka kalimat puisi di atas "Di kala senja memudar+tiada bersinar" berarti mengandung makna yang kontras,dan maknanya akan lari tidak sesuai dengan yang ada dalam benak si penyair.
Kemudian, pada alinea ke II baris 1 terdapat kalimat "Meskipun gerimis tak menetes" dan lantas diganti dengan "Meskipun setetes gerimis tiada tercurah".Ini pun sangat berbeda dalam pengolahan dan pemakaian kata.Penyair tidak memilah apakah gerimis setetes atau tidak atau banyak.Kemudian kata "tercurah"dengan kata"menetes" agaknya berbeda.Jika kata 'menetes' pada gerimis agaknya sesuai dibanding dengan kata'tercurah' karena penyair cenderung mengatakan bukan 'HUJAN",hujan deras tercurah (=dalam pengertian curah hujan yag amat banyak).
Kemudian,pada alinea ke II baris 2,terdapat kalimat "Bulan hanya tersenyum",dan lantas diganti dengan kalimat 'Bulan kelampun tersenyum ria".Jika dilihat kalimat-kalimat di atas adalah menunjukan pemakaian gaya bahasa PERSONIFIKASI tetapi jika dianalisis perubahan kata dalam kalimat seperti kata 'Bulan kelampun........>kelampun tidak ada dlm bahasa Indonesia tapi "Bulan kelam pun" berasal dari kata 'kelam'>ke+ kelam +pun">memiliki arti yaitu bulan yang tak terang.Meskipun demikian penyair tidak berkehendak demikian dalam menetukan jenis bulan,apakah bulan purnama atau bulan yang kelam.Kata'ria' di akhir kalimat menunjukkan sifat bulan tersenyum.Penyair tidak bermaksud membuat bulan tersenyum dengan sukaria dalam menetukan sikap bagaimana bulan tersenyum.Penyair hanya menginginkan bulan tersenyum yang biasa-biasa saja dengan personifikasi yang sederhana.
Kemudian,perubahan kalimat pada alinea keII baris ke 3, "Pasrah kepada-Nya"diubah menjadi"Pasrahkan harap kepada-Nya".Kedua kalimat ini mengandung pengertian yang bebeda.Pada kalimat "Pasrah kepada-Nya".Penyair bermaksud tidak mengharap pembalasan dari Tuhan,terserah karena dalam benak penyair mengira bahwaTuhan akan tahu segalanya,jadi tak perlu dipaksa dan mengharap sesuatunya. Sedangkan pada kalimat perubahan"Pasrahkan harap kepada-Nya'',menunjukan bahwa seseorang pasrah tetapi tidak ikhlas,dan selalu berharap dan agaknya memaksa Tuhan supaya ada pembalasan kemudian.Jadi,sangat kontras dengan buah pikiran Penyair menciptakan puisinya.
Maka dengan adanya analisis dan pemahaman dalam menelusuri susunan kalimat dan pemakaian kata oleh penyair harus dimengerti dengan teliti karena apresiasi seorang pembaca agaknya sangat berbeda dengan inspirasi dan kepahaman seorang penyair makanya penyair itu dikatakan sebagai "TUHAN ATAS PENCIPTANYA" dalam batas karya sastra karena pengarang/penyair seolah-olah Tuhan dalam penciptaan dalam menentukan segala aspek dalam karya sastra.Makanya seorang pembaca karya sastra seharusnya tidak boleh mengubah karya sastra seseorang jika ilmunya masih dangkal dan sama sekali tidak tahu tentang SASTRA.Maksih(pdlc/01/02/2017)
===HIDUP MATI==
Karya :siamir marulafau
Di ujung lidah akan hidup dan mati
Jika celoteh membiaskan sinar
Tak akan terkapar
Sampai ujung dunia
Meskipun dunia bulat
Tak akan berputar seenaknya
Tergatung pada-Nya
Maha Pencipta seluruh alam
sm/01/02/2017
==APA DAYA==
Karya :siamir marulafau
Di ujung malam rindu terkapar
Di kala senja memudar
Tak berdaya dalam harapan
Sepanjang malam tak berbintang
Meskipun gerimis tak menetes
Bulan hanya tersenyum
Pasrah kepada-Nya
sm/01/02/2017
----------------------------------------------------
Satu dunia penyair, siamir marulafau (seorang dosen dari Fakultas Budaya Sciences, Universitas Sumatera Utara-Indonesia) dianggap sebagai satu dunia penyair, Februari 2017 dan telah menulis beberapa puisi dalam bahasa inggris yang diterbitkan dalam International Journal of opa.
---------------------------------------
HARUS DIINGAT!
GELAR DARI MULAI S1,S2 sampai ke S3 adalah berproduktif TEORI DALAM ILMU SASTRA DAN LINGUISTIK sedangkan PENYAIR,CERPENIS,NOVELIS adalah berproduktif pada karya sastra seni berdasarkan bakat,kemampuan kebahasaan,imajinasi dan interpretasi yang sangat tinggi disertai dengan perasaan yang sangat sensitif.Sementara sarjana sastra dan linguistik kadang membuat riset dari hasil produktif karya sastra baik puisi,cerpen maupun novel,kwkwkwkwk.(pdlc/01/2017)
==N UK L I R==
Karya :siamir marulafau
Hanya menyuluh malamku
Begitu gelap
Bintang-bintang tak berkelip lagi
Bulan purnama enggan bercahaya lagi
Di kala dunia tersembur racun-racun
Racun nuklir mengorbit
Sinar mentari tak berani lagi menyinar
Dunia akan beku dengan racun-racun
Nuklir mengorbit
Bumi gersang
Tak berpenghuni lagi
Jika Tuhan akan marah
Menggoncang dunia berdebu laknat
Mayat-mayat tak akan bangkit lagi
Lautan pun tak berceloteh
Deburan ombak tak berani ke pantai-pantai
Jika bumi terbelah
Di saat gelombang menggulung sampai terbenam
Racun-racun mematikan,menyengir
sm/31/01/2017
==TWILIGHT==
It was in twilight
I came to visit your love
Since you had never come again
Suffering a lot i fetch
As long as you are absent in mind
Though I used to call
Never voice gives news
For you miss all of sudden
Where are you now?
I am searching for
Tell me what happened
Till i come back
In the love I wrote
For the sake of happiness
sm/30/01/2017,copyright
Tausiah singkat :Di sampaikan oleh : siamir marulafau,Drs,M.Hum,Penyair Dalam Lingkaran Cinta,Dosen FIB USU,Seniman)dengan tajuk "MENGAPA DIPANGGIL UDSTAZ".
A.s.w.w
Kaum Muslimin dan Muslimat Rahimah Kumullah.
Apalah sebuah nama?(What is a name) satu istlah yang dikemukakan oleh seorang pujangga Inggris,Shakespeare.Menyandang nama ini sangat berat jika dipikirkan matang-matang,dan kadang seseorang menganggap remeh.Adapun gelar atau nama yang sering kedengaran di kuping kita adalah panggilan seperti"USTAZ".
Menyandang gelar sebagai UDSTAZ itu sangat berat,mengapa?Karena panggilan ini bukan sembarang.Udstazini adalah seseorang yang telah tahu walaupun sedikit tentang ilmu keagamaan yang berkiblat pada ajaran agama,khususnya agama Islam,dan apa lagi jika dipanggil KIYAI(KH) Ahmad.Udstaz adalah orang yang tergolong pewaris Rasul yang berderetan dengan para ulama menyampaikan khabar/pesan kepada umat supaya terhindar dari perbutan tercela,masuk surga Allah dan terhindar dari neraka Allah.
Dalam surah Ali-Imran(104),Allah berfirman:"Waltakum Mingkum Ummaituiyadnguna ilal chairi waya'amuruna bilmagruf wayan hauna nganilmungkar waulaika humul muflikhun"(=Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru(berbuat) yang makruf dan mencegah dari yang mungkar.Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung).
Jika dianalisis ayat tersebut di atas bahwa alangkah beruntungnya seseorang hamba Allah memalmag'rufi hamba Allah yang lainnya dengan memberi penerangan dan keterangan kepada umat supaya umat tak akan berbuat hal yang tercela di sisi Allah SWT.Udstaz itu bukan tergantung pada orang yang badannya besar atau bentuk bandannya pendek,berjenggok atau tidak,pejabat atau tidak,miskin atau kaya tapi tergantung pada keilmuannya dan karakter baiknya makanya Udstz itu harus banyak belajar ilmu keagamaan.Jangan seorang udstaz memberikan tausiah dan khutbah Jumat di Mesjid sementara di luar Mesjid menjadi seorang "ANAK MAIN",tidak sesuai dengan perkataan dan perbuatan.
Adapun sifat-sifat yang harus dihindari oleh seorang Udstz itu adalah :
1.Sifat Munafiq (Yang bertetangan dengan Quran)
2.Sifat sombong
3.Sifat-sifat yang tercela di sisi Allah SWT,seperti:Berkata tidak baik,Mencuri, Berzina,Korupsi,Menista Agama.
4.Sifat merendahkan,dan menghina orang lain.
5.Sifat tamak
6.Sifat tak adil
7.Sifat bergaul pada lawan jenis sembarangan
8.Sifat tak ramah kepada sesama hamba Allah
9.Sifat tak menepati janji,seperti :Meminjam uang kepada orang lain dan tidak mengembalikan uang tsb pada waktu yang ditentukan)
10.Sifat tak sabar
Hal-hal seperti yang diungkapkan di atas,harus diperhatikan oleh yang selalu dipanggil'UDSTAZ" dalam upaya mejaga nama baik di masyarakat dan terutama sekali di sisi Allah SWT.Maka sifat seorang Udstz itu harus konsisten dalam ayat-ayat Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah s.a.w.
Demikianlah tausiah singkat disampaikan,dan adapun kurang lebinhya mohon dimaafkan.Moga bermanfaat dan barokah.Aamiin.
sm/27/01/2017
==MEMBASAHI BIBIR==
Karya :siamir marulafau
Aromamu tercium
Napasku tersendat
Di kala kecupanmu
Membasahi bibir
Dunia seperti bergulir
Dekapanmu mengeras
Tongkat meluncur
Menikam dalam nafsu
Akan tak semakin perduli
Terasa indah
Hari valentin membias
Kupejamkan mataku
Eranganmu semakin tajam
Menikam kalbu
Tak terelakan
Kisah cinta
Membahana dalam impian
Mengukir kasih sayang
kecupanmu memanas
Tak akan terlupakan
Meskipun banyak mata
penglihataku hanya satu
Antara kau dan aku
Menyista moral
sm/18/02/2017
==GOD'S MESSAGE==
Remember Me when you are
existed
And the creatures are all in My hand
The holy soul you breath
Never I asked how much you pay
That's the warning I suggest
If you realize who you are
And who I am
The Creator from the heaven
To save you from the hell
And providing paradise for all forever
Remember Me when you are existed
Being existed that the lives will be useful
Never the love I throw away
I say the love be always there
And pray for the sake of Me giving grace
The memory of living in PARADISE will be there
As long as you might not forget
Who I am ,,,,,,Who I am,,,,,,Who I am
sm/18/02/2017,copyright
Tausiah singkat bertajuk :"ISLAM YANG SEBENARNYA ITU,APA?"
Oleh: AL-Udtz.Drs.siamir marulafau,M.Hum
===================================================
A.s.w.w.
Islam adalah salah satu agama yang diyakini atau dipercayai oleh umat Islam yang diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad s.a.w. melalui wahyu berdasarkan dan bersumber dari Al-Qur'an.Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam Al-Qur'an,Allah berfirman :"Inna Dinna Ngindallah wal Islam"(=Sesungguhnya Agama yang benar adalah Agama Islam).Dalam konteks firman seperti ini,wajib kita percayai apa yang dikatakan oleh Allah kepada Nabi Muhammad s.a.w. bahwa agama Islam sesungguhnya agama yang benar dan haq bagi kaum Islam di mana pun berada karena agama Islam adalah merupakan pilar kehidupan dunia dan akhirat.
Allah swt juga menekankan dalam surah Al-Imran,102:"Ya'aiyuhallazina amanu haqqa tuqatihi wala tamutunna illa wa'antum muslimun"(=Whai orang-orang beriman! Bertqwalah kepada Allah sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya dan jangan kamu mati kecuai dalam keadaan Muslim).Jika dianalisis ayat ini,sungguh Allah tak membiarkan hamba-Nya di bumi ini mati dalam keadaan sia-sia atau mati dalam keadaan kufur.Maka dengan demikian, kita sebagai makhluk yang memiliki pemikiran yang sehat haruslah benar- benar berpikir karena Allah selalu menuntut kita untuk berpikir (Qur'an: Afala tak kilun?=Apakah kamu tak berpikir?)
Agama Islam adalah termasuk agama SAMAWI,yaitu agama yang diturunkan dari langit melalui wahyu yang berdasarkan Al-Qur'an.Qur'an adalah satu-satunya kitab yang tak ada keraguan di dalamnya dan menjadi petunjuk bagi orang yang MUTAQIM,sebagaimana yang difirmankan Allah swt dalam surah Al-Baqorah,2:"Zalikal kitabularhaiba fihi hudalil Mutaqin"(=Kitab(Al-Quran) tidak ada keraguan padanya;petunjuk bagi mereka yang bertaqwa).Jika dianalisis bahwa sungguh Allah swt sangat sayang kepada hambaNya memberikan petunjuk pada jalan yang lurus yang merupakan KOMPAS bagi manusia di bumi,yang menjadi sumber dari segala sumber hukum supaya manusia selamat dari neraka dan msuk surga Allah.Dalam hal ini,kemungkinan,timbul pertanyaan kepada kita :"Mengapa seorang pilot pesawat selamat menerbangkan dan mendaratkan pesawat di Jeddah,Jika pilot tidak menggunakan KOMPAS?"Maka untuk itu,kaum Muslimin harus percaya bahwa Al-Quran adalah sebagai kompas bagi kaum muslimin untuk menuju jalan yang benar.
Seiring Al-Quran itu sebagai petunjuk bagi kaum muslimin diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w,kita juga harus yakin dan melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangan dan mempercayai sejarah terdahulu dikisahkan dalam Al-Qur'an,dan khususnya pada sunnah Rasul sebagai PRAKTEK yang dilaksanakan oleh Rasulullah s.a.w. dalam beberapa hadist untuk lebih memperjelas bagaimana gerak dan langkah-langkah Rasulullah s.a.w. dari para sahabat yang melihat dan menuturkan kepada kita dengan prawi hadist yang benar berisnad,dan shaheh,dan tidak dho'if(lemah).Untuk ketetapan dalam pengamalan berdasarkan HADIST,kita tak boleh berpegang pada satu hadist saja,melainkan harus ada perbandingan dengan hadist lain supaya amalan-amalan yang dikerjakan sesuai dengan amalan-amalan yang dilaksanakan oleh Rasulullah.Maka dengan demikian, Islam dituntut belajar Al-Qur'an dan Al-hadist supaya jangan tergelincir dalam jurang neraka,sebagaimana Rasulullah bersabda :"Tarraqtu fiqum Amraini Lantadilu,Matamasktum bihimakitabillahi wasunnahtu Rasul"(=Telah kutinggalkan dua perkara kepadmu,yaitu Al-Qur'an dan Sunnahku Nabi).Dalam konteks hadist ini,dikatakan bahwa kita umat islam tak akan tersesat jika kita berpegang teguh pada pengamalan berdasarkan Al-Quran dan Hadist.
Adapun peranan para ulama,dan udstz/udstzah dalam islam adalah mereka juga wajib menyampaikan isi kandungan Al-Qur'an dan Hadist pada umat supaya mereka terarah ke jalan yang lurus dan terhindar dari jurang neraka,(Al-Qu'an :Surah Al-Imran,104):"Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh(berbuat) yang makruf dan mencegah dari yang mungkar.Dan mereka itulah orang-orang beruntung".Maka dengan demikian wajib bagi kita(siapa pun dia yang tahu tentang hukum Islam) untuk meyampaikan kepada yang lainnya supaya mereka selamat dari jurang neraka,dan masuk surga Allah.
Dengan perincian dan urain di atas,maka kita tak perlu bingung dan mencari kebenarn Islam lagi karena dalam Al-Qur'an dan Al-hadist sudah dipaparkan sebagai sumber hukum dan tata cara ibadah melalui hadist shaheh sebagai petunjuk,dan juga harus merujuk pada ulama-ulama terdahulu yang berisnad dan mushtashil (yaitu keilmuan Al-Qur'an dan hadist yang dipelajari ulama-ulama itu harus mustasyil dan berisnad mulai dari Rasul sampai kepada mereka untuk dapat dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT kelak(Al-Quran;Al-Isra:36):"Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui.Karena pendengaran dan hati nurani,semua itu akan diminta pertanggungjawabannya",dan bukan dalam katagori ulama plagiator,memanipulasi ilmu Al-Quran dan Al-hadist)dan berani mengembangkan ilmu Quran dan Hadist yang sama sekali tidak dipelajarinya dan mengaku sudah belajar Al-Qur'an dan Al- hadist di suatu lembaga di Mecahpadahal tidak ,dan mengaku sebgai ULIL AMRIN MINGKUM yang harus dibait(Ditaati)karena merasa dirinya sebagai NABI 26,nanguzu billahi minzholik.Karena hal seperti inilah,maka banyak aliran sesat di negara ini,khususnya karena mereka menganggap diri mereka sebagai "AMIR"(=Pemimpin).Kita di negara ini cukup merujuk pada Majelis Ulama Indonesia(MUI) sebagai penghunjuk kebenaran berdasarkan ilmu Qur'an dan Hadist yang mereka pelajari mengikut serta patuh pada FATWAH mereka supaya hidup kita sebagai Islam terarah dan benar di sisi Allah SWT sesuai dengan isi kandungan Al-Quran dan Hadist,tanpa melihat warna,golongan atau kelompok,sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Al-Qur'an:"Waatiullaha wa'atiu Rasul,waulil Amrin Mingkum"(=Patuhlah pada Allah, Rasul dan Perkaranya Allah),dan tidak memecah belah antara satu dengan lainnya dengan catatan bahwa Islam tidak boleh berfirqoah sebagaimana yang difirmankan Allah dalam surah Al-Imran,ayat:103:" Waktasimu bihablillahi jami'a wala tafarraqu,,,,,,,,," (= Dan berpegang tegulah kamu semuanya pada tali (agama)Allah,dan janganlah kamu bercerai berai,dan,,,,)Maka untuk ini,islam tidak perlu mengatakan dan menuding 'KAMU SALAH,DAN SAYALAH YANG BENAR,atau SALING KAFIR MENGKAFIRKAN'. Sehingga,mereka tak mau shalat di mesjid yang bukan jamaahnya,Hal ini sangat dibenci oleh SWT.Allah menginginkan kerukunan ,kekompakan secara berkaum-kaum di dalam Islam,dan tidak boleh saling memerangi antara satu dengan lainnya karena Islam itu bersaudara dan ada tali ikatan ,yaitu :"Shahadat"(Ashaduallailaha ilallah ,Ashahaduanna Muhammad Rasulullah"(=Aku naik saksi bahwa tidak ada yang disembah selain Allah,dan Rasulullah sebagai Utusan Allah),dan inilah konteks TAUHID kita kepada Allah sebagai pengakuan kita terhadap ke -Esaan Allah dan Muhammad sebagai utusan-Nya ,yang mengikat tali persaudaraan kita sebagai Islam,sehingga di mana-mana kaum muslimin berada adalah saudara se-ISLAM.
Adapun Pengertian 'Ulil Amrin Mingkum"adalah berkaitan dengan perkaranya Allah, dan terutama orang-orang menyelesaikan perkaranya Allah baik di dunia maupun di Akhirat,yang merujuk pada ke Amiran(Kepemimpinan) dalam satu negara,bahwa kepemimpinan dalam pemerintahan sebagai Umarah,dan ada kepemimpinan dalam agama Islam sebagai Amir (MUI) mempertanggungjawabkan segala perkara Allah tertera dalam kitab Allah sebagai petunjuk bagi umat Islam.Dan janganlah pada setiap majelis atau pesantren mengangkat ke Amiranya,masing-masing dan menganggap ke Amirannya sudah benar dan inilah yang salah baik di sisi Allah swt dan juga dalam kepemerintahan dalam satu negara.Tapi jika mengangkat imam Shalat berjamaah atas kemufakatan dalam jamaah itu,iya benar sesuai dengan sistem pada zaman para sahabat,atau mengangkat ke Amiran dan sekalian Imam pada zaman para sahabat setelah wafatnya,Rasulullah s.a.w.
Demikianlah tausiah singkat ini disampaikan dan apabila ada kekurangan dan kelebihan,saya sebagai hamba Allah yang serba kurang,mohon dimaafkan.Moga-moga bermanfaat dan barokah.Aamiin.(Udstz/17/02/2017)
==GODAAN==
Karya : siamir marulafau
Tak akan mungkin
membungkus nafsu dengan kain sutra lagi jika dunia terhempas di gelombang asmara
Tapi akan terseret dengan syetan
menggapai gudang penuh bara api kelak
jika sinar tak membias lagi
sm/19/02/2017
==A GOLDEN LOVE==
No win can follow me
to blow up my love away
since the love is from you
Though it is hard to achieve
For so many years i come to you
And said how great the love was
Never be a betrayal
I am sure you are one of the flowers
To make my hope be a golden star
And to give lighting in the night
Though the moon has no a spoken word
I used to wait for so long
That your smile be in my heart
To make me feel confidence
The love which is brought till to die
sm/19/02/2017,copyright
#Sajak Satu Bait
siamir marulafau
Moral melayang di angkasa berakit nafsu membara di neraka
sm/19/02/2017
Tausih Singkat disampaikan oleh :Al-Udstz.siamir marulafau(dosen FIB USU.Penyair dalam Lingkaran Cinta,Seniman) bertajuk"PERGAULAN BEBAS MENGARAH PADA PERZINAHAN".Moga bermanfaat dan barokah.Aamiin.
A.s.w.w.
Kaum Muslimin dan Muslimat Rahimah kumullah.
Tausiah singkat ini menjelaskan kepada kita semua bahwa dalam era globalisasi dan perkembangan zaman serta menyongsong perkembangan teknologi ini,dirasakan bahwa sendi-sendi kepercayaan terhadap agama dan keyakinan kepada Allah SWT sudah mulai memudar.Mengapa sampai demikian?Jika ditelusuri dan diteliti dengan cermat,tentu jelas sekali bahwa kemajuan perkembangan teknologi dalam berbagai bidang sangat kuat mempengaruhi perkembangan jiwa manusia terutama sekali pada lingkungan kaum remaja,yaitu pergaulan bebas mengarah pada perzinahan.Tentunya,kita sebagai orang tua,dan guru serta dosen sebagai pendidik harus lebih cermat dalam mengamati situasi serta perkembangan terhadap pergaulan bebas kaum remaja,khususnya anak didik yang duduk di tingkat Sekolah Dasar(SD),Sekolah Lanjutan Pertama(SLTP)atau SMP,Sekolah Menengah Atas(SMU) dan sampaii ke tingkat Universitas.
Allah Swt tidak menginginkan hamba-hambanya untuk terjun ke jurang neraka tapi sangat menginkan manusia ini ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya.Maka untuk itu,manusia yang diberikan pikiran untuk berpikir harus senantiasa mencari jalan terbaik untuk dirinya supaya terhindar dari amarah Allah dan siksaan Allah kelak setelah kematian,dan ini harus diingat selalu.Merujuk pada pergaulan bebas antara manusia sesamanya,dan kaum remaja pada masa sekarang ini sangat dirasakan meningkat dan sebagai buktinya banyak anak remaja dan juga yang sudah dewasa selalu membuat pelanggaran sampai ke tingkat perzinahan, dan perbuatan ini sangat tercela dan murka di sisi Allah SWT,mengapa tidak?Allah SWT dalam firman-Nya (AL-Qur'an);"Wala takrabu Zina" (= Janganlah kamu dekati Zina).Jika dianalisis,banyak sekali hamba-hamba Allah di muka bumi ini yang terjaring dengan firman Allah ini.Tentunya katagori Zina itu, bukan hanya saja kontak badan(Hubungan Intim) antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya,melainkan pergaulan bebas yang berpasang-pasangan yang bukan muhrimnya juga dikategorikan sebagai bahagian dari perzinahan, baik secara memupuk rasa kasih sayang antara sesama yang tak legal di pandangan manusia dan apalagi di mata Allah SWT.
Dalam tausiah yang singkat ini perlu diketahui bahwa perzinahan itu sangat berat hukumannya,dan Allah SWT berfirman dalam surat Annisa,16:"Dan terhadap dua orang yang melakukan perbuatan keji di antara kamu, maka berilah hukuman kepada keduanya,Jika keduanya tobat dan memperbaiki diri,maka biarkanlah mereka.Sungguh Allah Maha Penerima tobat,Maha Penyayang".
Kaum Muslimin Rahimah Kumullah.
Jika dianalisis firman Allah di atas,maka sungguh Allah maha pengampundan menerima tobat bagi yang berbuat hal yang 'Keji' seperti perzinahan tetapi meskipun demikian Allah juga Maha Bijaksana dan tidak menerima tobat hambanya begitu saja.Di zaman Rasulullah,ada seorang hamba(Rajul) melakukan perzinahan dengan seorang perempuan,dan mendatangi Rasulullah,dan menceritakan perbuatannya kepada Rasulullah.Kemudian laki-laki ini bertanya pada Rasulullah,apakah tobat saya ini diterioleh Allah,ya rasulullah?Lantas,Rasulullah menjawab,taubatmu akan diterimatetapi harus membayar kafarat,dan jika tak dibayar,maka Allah Swt tidak akan menerima tobat hambanya jika melalakukan hal keji seperti ZINA.Rasulullah menjelaskan bahwa orang yang berzina adalah orang yang sangat murka di sisi Allah swt,dan mereka harus diranjam,dan dilontar batu serta dipukul sebanyak 100 kali pukulan jika mereka masih status lajang atau gadis,dan mereka harus diusingkan ke suatu tempat selama 1 thn,dan jika status mereka Janda atau duda,maka mereka harus dilontar(dilempar) pakai batu sampai mati.Jika hal kafarat ini dilaksanakan,Allah SWT akan menerima tobat mereka.
Dalam tausiah singkat ini dijelaskan bahwa satu-satunya pencegahan remaja dan kaum dewasa dalam pergaulan bebas ini adalah melalui pembinaan dan pendidikan,yaitu satu-satunya pendidikan agama dalam perbaikan moral manusia supaya jangan terjerumus dalam hal yang negatif.Maka dengan demikian,orang tua dan guru serta dosen dan para guru agama di sekolah sangat berperan dalam mencegah kaum remaja dan orang-orang dewasa untuk tidak bergaul bebas dan mengarah pada hubungan yang sangat intim di luar pernikahan yang sah.
Demikianlah tausiah singkat ini disampaikan,dan apabila ada kesilafan,kekurangan dan kelebihan,mohon dimaafkan karana saya adalah hamba Allah yang serba kekurangan dan ini pun harus disampaikan berhubung karena 'Amal ma'aruf Nangkir,Mungkar' dalam memberikan penerangan dan keterangan pada umat supaya jangan terjerumus pada hal yang negatif sehingga masuk dalam neraka Allah,nauzubillahi minzholik.Moga-moga bermanfaat dan barokah.Aamiin.(Udstz/19/02/2017)
GAYA BAHASA APA YANG DIPAKAI DALAM PUISI SINGKAT INI?
Siapa tahu?
===MENGERING===
siamir marulafau
Sinar mentari akan kutelan
Meskipun panasnya bagaikan api neraka
Sepanjang bumi tidak retak
Akan sulam dengan hati tenang
Minyak bumi mengalir di setiap sendi tanah
Tambang emas terberak-berak
Tak ada satu kata pun terucap
Negeri ini mau apa?
Apakah bangkrut?
Jangan sampai mencret berteteskan darah
Rakyat melahap di setiap tong sampah
Penyair berceloteh di atas gunung
Mengapa dikau masih miskin?
Tanah negeriku berpupuk salju
Kau keruk ke sana sini meraih untung
Goncang,,,,,goncang bertandus mongering
sm/04/03/2017
==TENGGELAM ==
Karya :siamir marulafau
Lautnya dangkal
Deburan tak seberapa
Pincalan mengaung
Tiang layar setinggi langit
Pulau digapai tak berapa jauh
Angin tak kencang
Ombak menggulung
Pasir-pasir bertebaran
Di kala nyiur melambai
Jangan terbangkan pasir
Akan akan hanyut tenggelam
Ikan-ikan marah
Meraih untung negeri tercinta
Pulauku tenggelam
Tak bernapas
sm/04/03/2017
==ISLAM: MANA YANG BENAR?==
Karya :siamir marulafau
Kau menuding aku salah
Aku juga tak mengatakan kau benar
Mana yang benar?
Mana yang salah?
Kadang kau mengkafirkan orang
Sedangkan aku tidak
Kita sama-sama berpegang pada dua kitab
Qur'an dan Hadist
Jalan Tunggal masuk surga
Terhindar dari neraka
Jika tak dikau bermazhab
Terserah,aku tetap bermazhab
Belajar Fiqih juga dari Al-Qur'an
Tauhid pun juga tiang kebenaran
Jika dikau ragu?
Baca Al-baqorah: "Demikian kitab petunjuk bagi orang-orang mutaqin
Terserah : "Percaya atau tidak urusan pribadi anda"
Kata Rasul:"Telah kutinggalkan dua perkara,Qur'an,hadist"
Jika diamalkan
Selamanya tak akan sesat
Mengapa membuat dirimu sesat?
Apakah tak berpikir?
Punya otak atau tidak?
Qur'an hadist tak akan salah?
Jadi siapa?
Manusia banyak pendapat......
Ada 4 mazhab,apakah tak benar?
Pilih yang mana?
Mereka penuntun umat islam
jangan sesat
jangan kesal tak ada gunanya
Jika banyak debat,banyak neraka
Prinsipku :Jika ada perintah kulaksanakan
Jika ada larangan kujauhkan
Jika ada cerita,sejarah,saya percaya
Jika tak percaya,akan pasti neraka
Apa yang dikau percaya?
Percaya aku ada Allah,hanya satu tak beranak,diperanakkan
Aku percaya:"Muhammad adalah utusan Allah"
Jika demikian aku tambah percaya
Mulai sekarang,aku shalat puasa zakat,naik haji ke Mekah
Tawaf ihram melempar jumrah
Berziarah ke Makam Rasulullah
Mengangkat takbir di Mesjidil haram
Allahu Akbar,,,,,Allahu Akbar,,,,Allahu Akbar
sm/03/03/2017
#Syair 3 bait
siamir marulafau
Subuhku tak melamun
Di fajar menyingsing di kala mentari terbit
Selimut-selimut terhempas terbakar di penantian
sm/03/03/2017
#Syair satu bait
siamir marulafau
Di mentari terbit kumenanti kasih panas tak berhenti
sm/03/2017
==JERITAN MALAM==
Karya :siamir marulafau
Hanya melampiaskan
jeritan derita hatiku
di temaram malam
Sungguh bulan tak bercahaya
meskipun dipanggil
sampai kerongkonganku
bersimpul darah
Jeritan hatiku semakin terluka
menganga berbalut air garam
menjerit kesiangan
di sinar kelam
menikam lara
==SANG RAJA==
Karya :siamir marulafau
Hadirmu mengukir kesan
Membiaskan sinar terpancar
Menginjak tanah airku
Aromamu tersanjung di setiap ujung kotaku
Sungguh bahagia rakyatku
Mengikat tali dalam harapan kupeluk
Mengemban embun di ufuk timur
Meskipun tanah suci berbayang jauh
Burung besi terhempas di tanah air kusanjung
Kusambut dengan senyum
Mengucap selamat mendarat di tanah airku
Sang raja berpeluk dengan kasih terharu
Insan di bumiku tertegun
Seiring hadirmu membiaskan cahaya tak redup
Membias sepanjang hayat terpadu
Hadirmu menyulam kerinduan rakyatku
Rasa haru tak terbendung
Sang raja,,,,,,Salman mengukir tali bersambung
Tak akan terlupakan sepanjang masa
Terukir di Bhineka Tunggal Ika selau
Dikau raja tersanjung,termulia di sisi Tuhanku
Menyatu dalam qalbu...
Sepanjang Negaraku tak hancur dengan ulat berbulu
Yakin sungguh
Sang rajaku,,,,,Salman,saudaraku
Bersaudara pada rakyatku
Hadirmu mengemban harapan baru
Di kala langit membiru
Meskipun badai ditempuh dengan sinar-sinar memantau
Betapa jauh di kau tempuh
Tak lelah terasa dalam qalbu
Arab, Indonesia bersatu padu
Tak akan terpisahkan sepanjang dunia tak bergulir jadi debu
sm/02/03/2017
==MEMBAKAR MALAM==
Karya : siamir marulafau
Malam sepi tak akan tersulam lagi
Jika angin sepoi tak menikam rindu
Di kala gumpalan awan menutup cahaya
Kilaunya tak tampak lagi
Tak satupun bisikan cinta terdengar
Rinduku setinggi langit
Tak menggapai hasrat
Kunang-kunang malam berlari terbang
Memberikan isyarat : Tak usah menyerah
Rindumu akan terbingkai dalam harapan
Sentuhan hatimu mendesah
Akan tak terselubung di temaram malam
Di saat bulan purnama bercahaya
Pastikanlah,,,,,kerinduan bertahun sudah
Menyelam di dasar laut dengan bunga karang
Bertashbihlah,,,, pada jumat malam
Desahnya menggema sampai ujung dunia
sm/01/03/2o17
KAJIAN
siamir marulafau
Sungguh bahagia jika menyulamkan senyum pada malam kelam
sm/28/02/2017
Kajian dan Interpretasi:
Perlu diingat bahwa bahasa puisi adalah bahasa literatur merujuk pada bahasa "PUITIS",yang tak sama dengan bahasa umum lainnya.Di dalam ilmu linguistik, ada istilah 'Surface Structure'dan' Deep Structure'.Umumnya,bahasa puisi yang berkonotasi bersifat puitis merujuk pada 'surface structure',dan pembaca harus tahu makna puisi dalam bentuk 'deep stucture' untuk mendapatkan 'arti yang tersirat di balik yang tersurat'.Nah,pada puisi di atas,apa maksud "SENYUM" di sulamkan pada malam?Apakah senyum yang disulamkan nampak atau tidak?Dan apa maksudnya?Mengapa seseorang merasa bahagia jika senyum disulamkan?Apakah benar-benar senyum?Sementara suasana GELAP.Apa kira2 maksudnya?Hehehehehehe.Menafsirkan sebuah puisi bukan hal yang gampang,dan apabila kita dapat meresapi makna tersirat di balik tersurat,berarti kita sebagai pembaca dapat menjiwai seseorang Penyair,dan di situlah,kita menemukan 'Makna sesungguhnya' merujuk pada "PUITIS" sebuah karya sastra.
sm/28/02/2017
== DI KALA LANGIT TERBENTANG==
siamir marulafau
Langit dikau bentangkan
Tak akan ada aral melintang
Hanya pepohonan mengukir ria
Sepanjang angin menghebus
Di saat aun-daun berdendang
Tersenyum dengan gumpalan awan
Merangkul siang bersahabat
sm/28/02/2017
#SAJAK sau bait
siamir marulafau
"Aku" hanya bersemayam di lorong-lorong hatimu tulus ikhlas,jernih bagaikan sutra
sm/28/02/2017
==KASIH TAK PUTUS==
Karya: siamir marulafau
Kasih kusuguhkan akan dikau tak terbendung
Meskipun deburan ombak menghempaskan rasa pilu
Kegalauan di langit biru berceloteh terus menerus
Sepanjang jeritan hatiku tak tertutup
Meraung di kala senja berputar terus
Walaupun gumpalan awan diterobos menikam qalbu
Sepertinya dunia tak senyum
Jika sinar dikau semayamkan berpaling tak merindu
Hanya kau dan aku tahu
Jeritan dalam hatiku
Berbayang cahaya kasih melingkar sepanjang hidup
Tak terelakan di saat cahaya napasku tak membias dalam jiwamu
Relakanlah,,,,,,relakanlah,,,relakanlah,,,,,
Pengembara menghadap Pencipta langit biru
sm/28/02/2017
#SYAIR satu bait
siamir marulafau
Langit tak akan seyum jika hatimu terdampar di atas karang melapuk
sm/28/02/2017
#SAJAK satu bait
siamir marulafau
TAK SANGGUP LAGI GUMPALAN AWAN MEMBENDUNG RASA KASIH DAN CINTAKU PADAMU
sm/28/02/2017
#SAJAK satu bait
siamir marulafau
SUNGGUH BAHAGIA JIKA MENYULAMKAN SENYUM PADA MALAM KELAM
sm/28/02/2017
#SAJAK satu bait
MERANGKUL MALAM YANG TAK TERANG BENDERANG
(pdlc/28/02/2017)
==SUKA DUKA==
Karya : siamir marulfau
Tak akan mungkin mengikut arus hatimu jika menghanyut di muara qulbu
Sementara arah angin kugapai hanya sampai ke teluk
Di kala layarku trcabik-cabik dengan angin sepoi menusuk
Tergatung apakah pincalanku meneduh
Suka duka akan kutempuh
Seiring berlabuh di karang tak berlumut
sm/27/02/2017
Tausiah Singkat:
Bertajuk "HALAL" & "HARAM"
Udstz.siamir marulafau
A.s.w.w.
Kaum Muslimin dan Muslimat Rahimah kumullah.
Dalam kehidupan yang sekejap ini,disampaikan bahwa hendaknya kita harus membedakan antara yang halal dan haram ,dan sekalian jangan mencampuri antara yang halal dan haram.Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an :"Wala tal bisulhaqa bilbathila wala tak tumul haqa wa'antum muslimun" (= Jangan sekali-sekai kamu mencampuri antara yang haq dan yang bathil,,,,,).
Jika sesungguhnya firman di atas dianalisis,maka Allah SWT sangat mencela manusia di bumi jika tak membedakan antara yang haq dan yang bathil serta mencampuradukan antara yang haq dan yang bathil.Dalam konteks ini dikatakan bahwa banyak sekali hal-hal yang merujuk pada hal yang halal,seperti:1. Sesuatu pendapatan yang diperoleh bersih dari yang haram;2.Sesuatu perbuatan yang dikerjakan terlepas dari unsur yang haram;3.Ikatan antara suami,istri yang halal dengn pernikahan yang syah;4.Segala sesuatunya yang tidak haram dan tak terlarang dalam Qur'an;5.dll sebagainya.Sedangkan yang haram-haram adalah seperti: 1.Memakan makanan yang haram;2.Melakukan perbuatan maksiat;3.Memakan riba;4.Berzina;5.Mencuri;6. dll sebagainya.Ada pun masalah mencampurkan antara yang haq dan bathil juga sering dijumpai dalam kehidupan sehari,seperti halnya dalam menentukan mana yang benar dan mana yang salah,dan sebaliknya,dan juga dalam menentukan jenis makanan yang seyogianya haram menjadi halal,dan juga sebagaimana halnya mengangkat seorang pemimpin yang seyogiayanya haram diangkat menjadi pemimpin yang halal,dan lain sebagainya.
Dasar-dasar untuk menentukan apakah sesuatu itu haram atau halal akan dapat dijumpai dalam Al-Qur'an dan Al-hadist dan juga dalam beberapa keterangan di kitab lain seperti kitab ilmu Fiqih yang merujuk pada Al-Quran atau beberapa ijtihad ulama-ulama faqih bersumber pada Al-Qur'an sebagai sumber hukum bagi Islam.
Demikianlah tausih singkat ini disampaikan dan jika terdapat kekurangan dan kelbihan,saya minta maaf karena saya adalah hamba Allah yang serba kurang.Wassalam
(udstz.siamir mraulafau/27/02/2017)
==MERESAP==
Karya : siamir marulafau
Tak akan terjangkau
cahaya kasihmu di lentera malam
meskipun cahayanya tak redup
Hanya bayangan di kau ukir
meresap di asap kuhirup
di kala gerimis malam tercurah
Sepertinya menyulam kesan
tak terlupakan terukir sampai akhir hayat
sm/27/02/2017
==NO OTHERS EXCEPT===
My dream never ends
With blooming season to feel
Since you are the flower of mine
And i used to water in the early morning
Never i forget till to die
For you are the skin of my flesh
That surely can not be urged
Once in a blue moon i dare say
That you are really flower of my hope
No others except
Because of the promise you planted
Never i miss in mind
My dream never ends
With blooming smile you give to touch
Day and night,is in my heart
Never forgot wherever i am
sm/26/02/2017,copyright
SEKELUMIT PENGERTIAN TENTANG KEADILAN
Oleh: siamir marulafau
Yang paling dibenci Allah adalah "KETIDAKADILAN".Orang-orang yang tak adil di dunia,akan diseret oleh Allah SWT di dalam neraka.Maka apa pun perlakuan yang hendak diperbuat di dunia harus bersifat adil,dan harus adil dalam memutuskan suatu perkara.Untuk menjadi dewan hakim dalam aspek apa pun di dunia harus adil.Salah satu contoh ialah pengangkatan dewan HAKIM MTQ baik di tingkat kecamatan,kabupaten,kota madya,propinsi dan sampai ke tingkat nasional dan internasional,dewan hakim harus adil dalam menimbang,menetukan dan memutuskan siapa yang akan menjadi juara I,II,III dalam MTQ itu,dan jika tidak adil,akan dipertanyakan oleh Allah SWT di yaumil Mahsyar kelak,dan apabila tak dapat dipertanggungjawabkan maka akan diseret ke dalam neraka.
Banyak lagi hal-hal yang harus bersifat adil yang harus disikapi dalam kehidupan manusia,seperti meletakan keadilan dalam memutuskan suatu perkara meskipun HUKUM yang diberlakukan adalah HUKUM KUHP,dan hendaknya HAKIM harus benar-benar adil dalam memutuskan siapa yang menang dan siapa yang kalah dalam perkara yang disidangkan dengan tidak memihak pada siapa pun juga.Karena masalah ketidakadilan sangat tercela di muka masyarakat dan apalagi di sisi Allah SWT,dan meskipun HUKUM KUHP bukan hukum yang berasal dari Allah tetapi semua tindakan,gerakan,perbuatan serta olahan pemikiran manusia diketahui oleh Allah SWT.
Banyak hal-hal yang menyangkut keadilan yang harus ditempuh dalam kehidupan di dunia fana ini,seperti:
1.Keadilan dalam rumah tangga
2.Keadilan berpoligamy
3.Keadilan dalam memutuskan perkara kriminal
4.Keadilan dalam memutuskan dan memberikan penilaian akademik
5.Keadilan dalam memutuskan dan menentukan pemenang dalam berbagai perlombaan yang diadakan oleh berbagai pihak
6.Keadilan pemerintah terhadap rakyatnya
7.Keadilan seorang pemimpin kepada bawahannyal
8.dll.
Memang keadilan sangat penting dibicarakan karena keadilan juga menyangkut MORAL manusia dalam menentukan sikap,dan meskipun pada akhirnya menentukan dan memutuskan suatu perkara atau sesuatu hal yang harus dipertimbangkan dan diputuskan tertera dalam SELEMBAR SURAT KEPUTUSAN,harus benar-benar sesuai dengan aturan dan ketetapan yang diputuskan sebelumnya.
sm/26/02/2017
#SajK 4 bait
siamir marulafau
HANYA KAU DAN AKU MEMIMPIKAN KERINDUAN
MESKIPUN MAKHLUK BERDIAM DI KEHENINGAN MALAM
DI KALA BINTANG BERKELIP DENGAN CAHAYA KELAM
MEMBIAS SEPANJANG HAYAT
sm/26/02/2017
==SEBELUM MENTARI TERBENAM==
Karya :siamir marulafau
Planet-planet bersenggolan
Bumi terancam
Terduduk sambil termenung
Takdir akan ditentukan
Renungan musyafir tak kesampaian
Ditelan tanah bersuluh
Mau ke mana aku?
Bertanya selalu
Sebelum mentari terbenam
Meskipun temaran malam mengeluh
Jika hasrat berpacu
Kehidupan sunyi
Bahagia hidup sepanjang waktu
Kuleburkan lelah di siang hari
Taqdir tak terhiraukan
Meskipun menjerit
Kepahitan hidup terasa
Tak akan membeku sepanjang hayat
Itulah titik terakhir
Dijalankan dengan rintangan
Tanpa menyerah
Sekalipun hutan belantara ditempuh
Gunung tak akan pecah mematikan
Sebutir pasir akan dipersembahkan
Kehadirat Tuhan,Pencipta
Berkiblat sampai napas tak kedengaran
sm/23/02/2017==
#Poem with three lines
siamir marulafau
In the twilight my breath is in the love
Though the day is drizzling
As long as Your love never goes away
sm/24/02/2017,copyright
#Syair tiga bait
siamir marulafau
Hanya melingkarkan temaran malam
Tak kunjung datang di kala galau menyisir tepi pantai
Seiring nyiur bersenandung dan meratap dalam gubuk derita
sm/24/02/2017
===BARA API===
Karya: siamir marulafau
Selembar surat dosa
akan dibawa di hadapan-MU
menggelepar di gudang bara api menyala
Aduh,aduh,aduh
Mana tahan,mana tahan
Apakah tak terampunkan?
Hanya penyesalan dengan rintihan air mata
Mengupas kebejatan dunia
Tak akan terukir di pintu surga
Malaikat Maliik menyeret jasa terhempas
Bara api terenyum
Mengapa di kau menangis,sayang?
Aoakah tak berpikir sebelumnya?
Antriklah,,,,,,Antriklah,,,,,Antriklah
sm/24/02/2017
==NEVER STOP FOR LOVE==
How can i deliver the love
If your smile looks like an evil
With having no hope for
Mean while the life is like in a desert
Though never i stop doing an effort
Since the love shows precious
But not only once in life
Feeling disappointed is a must
If the love be regarded as useless
None of the lovers will run away
And the room of the love will be empty
So as to speak ,,,so as to speak,,,so as to speak
sm/24/02/2017,copyright
==SEBUAH KISAH DARI ALAM BARZAH==
Karya:siamir marulafau
Tak usah lagi teteskan air matamu
di pusaraku jika doamu terukir sampai akhir zaman
Di alam barzah aku pasrah
Meskipun jasadku tak seperti dulu saying
Jika pesanku membiaskan sinar selalu
Rohku akan tak menerawang
Menyelimuti kegalauan pada temaran malam
Walaupun bayanganku samar di cahaya rembulan
Sungguh senyumanmu kusemai dengan pasir
Di kala jazadku menyepi dengan tulang merapuh
Senantiasa langit tak akan runtuh
Allah maha tahu akan segalanya
Sepanjang namaku di prasasti tersulam dalam kerinduan
Atas pesan-pesanku di kau semai dalam jiwa
Petanda aku tak kehilangan begitu saja
Meskipun napasmu dan napasku takbersatu lagi
Hanya renunganmulah penghibur
Memperkokoh tulang belulangku melapuk di tanah diam
Hanyalah Alfatihahmu membias dalam rohku
Sepanjang jasad tak membangkit sampai yaumil mahsyar
sm/26/02/2017
==RATAPAN DI PRASASTI==
Karya: siamir marulafau
Meskipun dikau mengukir namaku di prasasti
Akan tak kembali lagi
Belahan jiwaku tersemai dalam kalbumu
Sepanjang dunia tak bergulir jadi debu
Seiring tulang belulangku merapuh di tanah tak bersuluh
Jiwaku bersemayam selalu dalam napasmu
Hanyalah doamu menyelimuti jasadku
Tertuang kasih dan cinta sekejap berbayang
Di kala senjaku tak menemanimu
Hanyalah pesan dan kesan titipanku
Tak akan mungkin lagi senyumku membingkai kerinduan
Hanyalah Tuhan tahu....
Rasa pilu dan dukamu kupikul walaupun tak berbentuk
Ratapamu mengalir di tanah diam kuberbaring
Menjelajahi alam barzah
Hanyalah titipanku menemanimu di saat dikau termenung
Meneteskan air mata tak tertampung terserap di alam penantian
Ingatlah pesanku,ingatlah pesanku,ingatlah pesanku
sm/25/02/2017
==NIKMAT==
Karya:siamir marulafau
Senja merenung
Tak menggapai renungan
Terperosok di tanah gersang
Menanti tanah diam
Di kala mentari terbenam
Meskipun bayangan terdampar
Rasa keluh kesah tersirat
Berbayang di temaram malam
Hati sanubari hampir tercabik-cabik
Akan ulah duia berputar
Sepertinya bulan mengelilingi matahari
Meskipun bumi diam
Tak akan terasa pusing
Nikmat-Mu tak sembarang
Kesyukuran tak dibiarkan
Allah maha tahu
Nikmat terus menerus
sm/25/02/2017
==BERLUMUT==
Karya :siamir marulafau
Sampai ujung dunia pun dikau cari tak akan berbayang wajahku
Jika dikau tak menyelami rasa kasih terdampar di atas karang
meskipun berlumut sehari dua hari
sm/20/02/2017
SEKELUMIT PENAFSIRAN SURAH AL-MAIDAH :
Oleh : Al.Udstz.siamir marulafau
Penafsiran ayat-ayat Al-Quran ,itu tak boleh sembarang,karena setiap ayat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad s.a.w., it memiliki latar belakang historisnya(Asbabul Nuzulnya).Makanya sejak negara RI dibentuk,semua pakar-pakar ahli tafsir dan pakar-pakar ilmu lainnya juga turut bermusyawarah untuk membentuk Negara Republik Indonesia bersadarkan PANCASILA,UUD1945, sebagai landasan Filsafah negara,berdasarkan HUKUM dan bukan bedasarkan landasan keagamaan atau Qur'an atau kitab-ktab lainnya sehingga negara bukan negara Islam tapi negara berdasarkan HUKUM,dan yang dipakai adalah HUKUM KUHAP.
Jika negara Republik Indonesia terbentuk sebagai negara Islam,akan diberlakukan HUKUM SYARIAT,sebagaimana halnya negara Arab,dan semua peraturan berdasarkan Al-Qur;an.Meskipun demikian,Para pendiri negara RI pada masa itu sangat menghargai dan menjunjung tinggi keberadaan manusia (Kususnya orang Indonesia yang menganut berbagai kepercayaan termasuk orang -orang yang menganut agama SAMAWI,yaitu :ISLAM).Maka pemerintah RI memasukkan hak penganut agama itu ke dalam butir pancasila,yaitu:KETUHANAN YANG MAHA ESA.(=Yang artinya bebas bagi setiap warga negara RI memeluk agamanya masing-masing) sebagai penghargaan setiap pemeluk agamanya masing-masing.
Merujuk pada pengertian surah Al-Maidah 51,memang benar jika dikembalikan pada masa Rasulullah:",,,,,,,!Janganlah kamu menjadikan orang Yahudi dan Nasrani sebagai teman setia(mu),,,,,,,,," dan jika ditelusuri historinya bahwa belum tentu orang-orang Yahudi dan Nasrani itu semua bejat moralnya,mereka juga sebagai manusia bersifat melindungi,dan sangat tergantung pada kepribadian seorang calon pemimpin atau pemimpin dalam satu negara.Dalam Islam maupun dalam hukum negara di negara RI tidak ada aturan hukum mengatakan bahwa yang menjadi pemimpin harus ISLAM dan juga harus NASRANI atau YAHUDI,iya apa tidak?Hanya saja ditekankan pada surah Almaidah itu dengan pengertian berbagai pihak lebih baik memilih atau mencari pemimpin yang bukan dari golongan Nasrani atau Yahudi jika tidak ada sama sekali orang -orang Islam di dalam negara itu.Itu pun harus dicermati dan meskipun orang-orang Islam diangkat jadi pemimpin belum tentu bisa melindungi,menjadi kekasih atau pemimpin jika MORAL-nya lebih bejat dari Nasrani dan Yahudi.Maka Moral sebahagian pemimpin dari agama Islam sekarang bagaimana?Apakah ada orang yang jujur atau suci?Tidak ada orang yang jujur dan suci 100 % jika dibanding dengan RASULULLAH.
Wajib diingat bahwa Al-Quran bersifat DINAMIS dan berkembang sesuai pada perkembangan zaman sebagai pedoman umat Islam sepanjang tidak berkiblat pada perbuatan maksiat.Maka dengan demikian,kita harus menyadari dan mengetahui perkembangan zaman serta sistem kepemerintahan di zaman Rasulullah dan kepemerintahan pada masa sekarang terkait dengan makna yang terkandung dalam Al-Qur'an yang bersifat dinamika pada masa sekarang dan akan datang.Allah Swt lebih tahu atas segalanya.
Jika dikatikan pada sistem pemilihan kepala Daerah atau Gubernur,Ahok tidak jadi masalah ,apakah dia Nasrani atau Islam,cuma Ahok yang memiliki sikap sangat arogan dan tidak berakhlah baik(sombong dan mengatakan jangan mau ditipu dengan Al-Qur'an/Al-Maidah 51....itulah pokok masalahnya,yang menjadi bumerang bagi sebahagian Kaum Islam menerimanya menjadi pemimpin dalam satu wilayah.,,,,).Banyak hal yang harus ditinjau dan diteliti untuk diangkat menjadi seorang pemimpin,iya apa tidak? Makasih,Wassalam(udstz.siamir marulafau/22/02/2017)
==MENGAPA MENANGIS?==
Luapan air mata
Tak bisa lagi membendung
Dunia terkapar
Napas tersendat
Antara hidup mati
Banjir-banjir menyosor
Celah-celah karang tak menampung
Celotehan ambu radul
Saling tuding menuding
Di kala sinar menjauh
Tak akan ada cahaya lagi
Temaram malam mendekat
Harapan melayang
Apa salahku?
Mungkin alam mengutuk
Tak bersahabat lagi
Tauhid ditiadakan
Anganan kaya setinggi langit
Kesombongan tak menurun
Hujan pun tertawa terbahak-bahak
Apakah kalian sudah mandi?
Kusiram sampai tenggelam
Alam pun berbisik-bisik
Tak ada selera menampung kalian lagi
Apakah ada planet lain?
Sanggupkah kalian bernapas di sana?
Jika tidak?
Pada siapa kalian mengadu?
Tak akan mungkin pada daun keladi
Daunnya pun basah kuyup
Jika begini,apa yang terjadi?
Sungguh Tuhan maha melihat menyaksi
Tingkah laku kita tak terpuji
Jika bencana masa kini
Menelan pohon-pohon tumbang ke sana sini
Lautan pun meluap tanpa kasih
Tobat sebelum napas merayap di langit kelam
Pesan-pesan malaikat pencakar langit
Mencakar napas-napas tak berselimut Illahi
Tak berzhikir,berdoa kepada Pencipta langit bumi
Sadarlah, sadarlah, sadarlah,
sm/21/02/201
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar